Microsoft
Access 2007
Microsoft
Access adalah suatu aplikasi yang dapat membantu kita membuat sebuah aplikasi
database dalam waktu yang relatif singkat. Biasanya digunakan untuk pembuatan
aplikasi-aplikasi yang kecil. Misalnya Program untuk Kasir di koperasi,
penjualan untuk toko.
Sebelum
mulai belajar jangan lupa berdoa dulu kemudian Tanamkan pada diri anda bahwa
Microsoft Access itu gampang dan mudah dipelajari. Kuatkan keyakinan pada diri
anda bah anda dapat menguasainya.
Di
Microsoft Access ada bagian apa aja sih.
a. Table
digunakan untuk menyimpan data
b. Query
digunakan untuk memanipulasi data
c. Form
digunakan untuk frontend aplikasi. Biasanya untuk menampilkan data,
menambah data dll.
d. Report
digunakan untuk membuat laporan
e. Macro
digunakan untuk melakukan satu atau beberapa fungsi.
Bagaimana
memulai microsoft Access
1.
Klik Start pilih Program lalu pilih Microsoft Access
2.
Setelah terbuka klik Blank Database, pada jendela file new database
isikan nama file yang diinginkan misalkan INFOMART (Untuk membuat
aplikasi penjualan Barang di Swalayan Infomart)
Kita sudah
membuat database dengan nama Koperasi tetapi database itu belum dapat digunakan
untuk itu kita perlu membuat Tabel, Form, Query, Report dan Macro bila perlu.
Tabel
Apa
sih Table itu ?
Table
adalah tempat untuk menyimpan data. Contohnya data barang disimpan di table
barang
Kenapa
kita harus buat table ?
Karena
kalau kita tidak buat table kita tidak dapat menyimpan data, Jika tidak ada
data yang disimpan data tidak dapat diproses.
Kasih
tau dong caranya buat table.
Sebelum kita mulai membuat
table kita tentukan dulu table-table yang diprelukan beserta field-fieldnya.
Langkah membuat Table
1. Pada jendela database klik Table.
2. klik dua kali create table in design view
3. pada jendela table ketikan field-field table Barang beserta tipe datanya, jangan lupa tentukan Kode_Barang sebagai Primary Key. seperti gambar dibawah ini.
4.
Pilih Save. Ketikan Nama Table, karena table ini berkaitan dengan
Barang. Kit simpan dengan nama “ Barang ”.
5.
Table Barang sudah selesai dibuat. tutup table untuk membuat table-table
lainnya.
Kamu
mau bisa bikin tablekan, coba bikin table karyawan, dan tabel transaksi.
Kemudian
isi Data pada table-table yang kita telah buat, caranya klik dua kali table
yang ingin kita isi, kemudian isi data-datanya (cara isinya sama seperti
Excell).
Tabel Barang
No
|
Nama
Field
|
Tipe
Data
|
Keterangan
|
1
|
Kode_Barang
|
Text
(5)
|
Kode
untuk barang
|
2
|
Nama_Barnag
|
Text
(10)
|
Nama
utuk barang
|
3
|
Harga
|
Text
(20)
|
Harga
barang
|
Tabel Karyawan
No
|
Nama
Field
|
Tipe
Data
|
Keterangan
|
1
|
Kode_Karyawan
|
Text (5)
|
Kode
untuk karyawan
|
2
|
Nama_karyawan
|
Text (30)
|
Nama
karyawan
|
3
|
Jenis_Kelamin
|
Text (10)
|
Jenis
kelamin
|
4
|
Alamat
|
Text
(30)
|
Alamat
karyawan
|
5
|
Pendidikan
|
Text
(20)
|
Pendidikan
|
Tabel Transaksi
No
|
Nama
Field
|
Tipe
Data
|
Keterangan
|
1
|
Kode_karyawan
|
Text
(5)
|
Kode
Karyawan
|
2
|
Kode_barang
|
Text
(5)
|
Kode
Barang
|
3
|
Harga_satuan
|
Text
(10)
|
Harga
satuan
|
4
|
Jumlah_beli
|
Text (3)
|
Jumlah
beli
|
5
|
Total_bayar
|
Text (10)
|
Total
bayar
|
Query,
Apasih Manfaatnya Query ?
Dengan
Query kita dapat :
a.
Menampilkan data-data tertentu pada suatu table, contohnya kita hanya ingin
melihat data pada table barang yang kode barangnya “001”
b.
Menampilkan data dari dua table atau lebih dengan syarat anatr table itu ada
field yang berhubungan. Contohnya kita ingin melihat nama keryawan “Andi”
itu indentitasnya. Di sini kita mengambil data dari table Header Penjualan dan
Table Karyawan, Sebagai penghubungnya adalah field Kode_Karyawan.
c.
Dapat melakukan operasi perhitungan.
Itulah
tiga fungsi utama query.
Query
biasanya digunakan sebagai sumber data untuk Report.dan Form.
Bagaimanasih
cara membuat query.
Langkah-langkah
membuat Query
1. Pada
Menu Tool pilih Create lalu klik Query Design.
2. Add table satu
persatu kemudian tekan tombol Close Sehingga muncul seperti gambar di
bawah ini :
3. Setelah itu munculkan
Field-field dari tabel yang diinginkan. Tentukan terlebih dahulu tabelnya
kemudian Fieldnya dan jangan sampai terbalik.
4. klik icon Run yang
bergambar tanda seru , maka akan tampil hasil Query yang sudah dibuat.
Simpan dan beri nama “Query_TRANSAKSI” .
FORM
Untuk
menghasilkan tampilan yang lebih komunikatif, maka dibutuhkan suatu interface
yang dapat membantu pengguna atau operator dalam menjalankan suatu program
aplikasi. Salah satu interface yang disediakan oleh Microsoft Access adalah
Form. Form merupakan window untuk menampilkan record dalam
bentuk lain, didalamnya kita bisa menambahkan unsur lain seperti tombol, gambar
dan lainnya. Ada dua cara dalam pembuatan form diantaranya 1) Form
Design, membuat form secara manual dan sesuai dengan keinginan user, 2) Form
Wizard, membuat form secara otomatis. Berikut akan disajikan langkah -
langkah membuat form menggunakan Form Design.
1.
Pilih menu Create kemudian Form Design.
Lalu akan muncul tampilan seperti ini:
2. Klik manu add
existing field, dan tabel yang ada akan tampil di frame sebelah kanan layar.
Sekarang silahkan
desain tampilan form yang anda inginkan dengan memanfaatkan fitur yang ada pada
Menu Tool, dan untuk memasukkan entry field, anda cukup menarik field yang ada
disebelah kanan dan masukkan kedalam desain form seperti berikut ini :
REPORT
Report merupakan laporan tertulis dari hasil transaksi, baik
tetulis secara report (pada layer monitor) maupun hard report (pada kertas).
Report juga berarti beberapa informasi yang diorganisir sedemikian rupa untuk
memenuhi berbagai kebutuhan seperti label surat-menyurat, summary penjualan,
dll.
Langkah-langkah membuat Report
:
1.
Pilih menu Create lalu Report design.
2. Pilih beberapa field yang
akan dijadikan laporan. Caranya sama dengan menambah field pada Form.
NAMA KARYAWAN, NAMA BARANG, JUMLAH
BELI, TOTAL BAYAR diambil dari TABEL TRANSAKSI.
Lihat
hasilnya di View.
EmoticonEmoticon