Tutorail Delphi 7 menghitung luas segitiga


A. MENDESAIN FORM
Untuk   membuat   program   menghitung   luas   segitiga   ini,   kita   membutuhkan   sebuah   form.   Namun   anda   juga   bias membuatnya bersama proyek yang baru. Kemudian anda masukan beberapa komponen diantaranya Label sebanyak empat buah, Edit sebanyak tiga buah dan Button sebanyak dua buah. Anda atur posisinya sehingga terlihat seperti pada Gambar berikut ini :


B. MENGUBAH PROPERTI
Dengan menggunakan Object Inspector, ubahlah properti dari komponen yang ada dengan ketentuan sebagai berikut :
Nama Objek
Properti Yang Diubah
Nilai
Form1 : TForm1
Label1 : TLabel1

Label2 : TLabel2
Label3 : TLabel3
Label4 : TLabel4
Edit1 : TEdit1
Edit2 : Tedit2
Edit3 : Tedit3
Button1 : TButton1
Button2 : Tbutton2
Panel1 : TPanel1
Caption
Caption
Font : Size
Caption
Caption
Caption
Text
Text
Text
Caption
Caption
Caption
Mata Matiku...

Menghitung Luas Segitiga
15
Alas:
Tinggi:
Luas:
(Kosongkan)
(Kosongkan)
(Kosongkan)
&Hitung
&Tutup
Kosongkan



    
Jika sudah selesai seharusnya tampilan form anda akan terlihat seperti gambar dibawah ini :



C. MEMASUKAN KODE
Agar desain program yang telah kita buat bisa berfungsi sebagaimana mestinya, tentunya kita harus memasukkan kode kedalam objek tersebut. Anda cukup memasukan kode untuk Button1 dan Button2 saja. Berikut ini kode sumbernya:

procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
var alas,tinggi,luas: real;
begin
// cek apakah input sudah diisi ?
 IF edit1.text='' THEN
  Begin
    MessageDlg('Alas masih kosong',mtInformation,[mbOK],0);
    edit1.setfocus;
 End
 ELSE IF edit2.text='' THEN
  Begin
    MessageDlg('Tinggi masih kosong',mtInformation,[mbOK],0);
    edit2.setfocus;
  End
 ELSE
 // jika sudah :
    Begin
      alas:=STRtoFLOAT(edit1.text);
      tinggi:=STRtoFLOAT(edit2.text);
      luas:=0.5*alas*tinggi;
      edit3.text:=FLOATtoSTR(luas);
      // Edit3.Text:='Bukan Bilangan';
    End;
End;

Sedangkan untuk kode Button2 adalah sebagai berikut :

procedure TForm1.Button2Click(Sender: TObject);
begin
   Close;    
end;


Sehingga kode lengkapnya akan terlihat seperti dibawah ini:

unit Usegi3;
interface
uses
  Windows, Messages, SysUtils, Classes, Graphics, Controls, Forms, Dialogs,
  StdCtrls, ExtCtrls;
type
  TForm1 = class(TForm)
    Edit1: TEdit;
    Edit2: TEdit;
    Button1: TButton;
    Button2: TButton;
    Edit3: TEdit;
    Panel1: TPanel;
    Label1: TLabel;
    Label2: TLabel;
    Label3: TLabel;
    Label4: TLabel;
    procedure Button2Click(Sender: TObject);
    procedure Button1Click(Sender: TObject);
  private
    { Private declarations }
  public
    { Public declarations }
  end;
var

  Form1: TForm1;
implementation
{$R *.DFM}
procedure TForm1.Button2Click(Sender: TObject);
begin
  close;    
end;

procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
var alas,tinggi,luas: real;
begin

// cek apakah input sudah diisi ?
 IF edit1.text='' THEN
  Begin
    MessageDlg('Alas masih kosong',mtInformation,[mbOK],0);
    edit1.setfocus;
  End
 ELSE IF edit2.text='' THEN
  Begin

    MessageDlg('Tinggi masih kosong',mtInformation,[mbOK],0);
    edit2.setfocus;
  End
 ELSE

 // jika sudah :
    Begin
      alas:=STRtoFLOAT(edit1.text);
      tinggi:=STRtoFLOAT(edit2.text);
      luas:=0.5*alas*tinggi;
      edit3.text:=FLOATtoSTR(luas);
      Edit3.Text:='Bukan Bilangan';
    End;
end;
end.


demikianlah program sederhana untuk menghitung puas segitiga pada delphi, semoga bermanfaat bagi teman - teman yang akan belajar delphi.