A. MENDESAIN FORM
Untuk membuat program menghitung luas segitiga ini, kita membutuhkan sebuah form. Namun anda juga bias membuatnya bersama proyek yang baru. Kemudian anda masukan beberapa komponen diantaranya Label sebanyak empat buah, Edit sebanyak tiga buah dan Button sebanyak dua buah. Anda atur posisinya sehingga terlihat seperti pada Gambar berikut ini :
Untuk membuat program menghitung luas segitiga ini, kita membutuhkan sebuah form. Namun anda juga bias membuatnya bersama proyek yang baru. Kemudian anda masukan beberapa komponen diantaranya Label sebanyak empat buah, Edit sebanyak tiga buah dan Button sebanyak dua buah. Anda atur posisinya sehingga terlihat seperti pada Gambar berikut ini :
B. MENGUBAH PROPERTI
Dengan menggunakan Object Inspector, ubahlah properti dari komponen yang ada dengan ketentuan sebagai berikut :
Dengan menggunakan Object Inspector, ubahlah properti dari komponen yang ada dengan ketentuan sebagai berikut :
Nama
Objek
|
Properti
Yang Diubah
|
Nilai
|
Form1 : TForm1
Label1 : TLabel1
Label2 : TLabel2
Label3 : TLabel3
Label4 : TLabel4
Edit1 : TEdit1
Edit2 : Tedit2
Edit3 : Tedit3
Button1 : TButton1
Button2 : Tbutton2
Panel1 : TPanel1
|
Caption
Caption
Font : Size
Caption
Caption
Caption
Text
Text
Text
Caption
Caption
Caption
|
Mata Matiku...
Menghitung Luas Segitiga
15
Alas:
Tinggi:
Luas:
(Kosongkan)
(Kosongkan)
(Kosongkan)
&Hitung
&Tutup
Kosongkan
|
Jika sudah selesai seharusnya tampilan form anda akan terlihat seperti gambar dibawah ini :
C. MEMASUKAN KODE
Agar desain program yang telah kita buat bisa berfungsi sebagaimana mestinya, tentunya kita harus memasukkan kode kedalam objek tersebut. Anda cukup memasukan kode untuk Button1 dan Button2 saja. Berikut ini kode sumbernya:
Agar desain program yang telah kita buat bisa berfungsi sebagaimana mestinya, tentunya kita harus memasukkan kode kedalam objek tersebut. Anda cukup memasukan kode untuk Button1 dan Button2 saja. Berikut ini kode sumbernya:
procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
var alas,tinggi,luas: real;
begin
// cek apakah input sudah diisi ?
IF edit1.text='' THEN
Begin
MessageDlg('Alas masih kosong',mtInformation,[mbOK],0);
edit1.setfocus;
End
ELSE IF edit2.text='' THEN
Begin
MessageDlg('Tinggi masih kosong',mtInformation,[mbOK],0);
edit2.setfocus;
End
ELSE
// jika sudah :
Begin
alas:=STRtoFLOAT(edit1.text);
tinggi:=STRtoFLOAT(edit2.text);
luas:=0.5*alas*tinggi;
edit3.text:=FLOATtoSTR(luas);
// Edit3.Text:='Bukan Bilangan';
End;
End;
Sedangkan untuk kode Button2 adalah sebagai berikut :
procedure TForm1.Button2Click(Sender: TObject);
begin
Close;
end;
Sehingga kode lengkapnya akan terlihat seperti dibawah ini:
unit Usegi3;
interface
uses
Windows, Messages, SysUtils, Classes, Graphics, Controls, Forms, Dialogs,
StdCtrls, ExtCtrls;
type
TForm1 = class(TForm)
Edit1: TEdit;
Edit2: TEdit;
Button1: TButton;
Button2: TButton;
Edit3: TEdit;
Panel1: TPanel;
Label1: TLabel;
Label2: TLabel;
Label3: TLabel;
Label4: TLabel;
procedure Button2Click(Sender: TObject);
procedure Button1Click(Sender: TObject);
private
{ Private declarations }
public
{ Public declarations }
end;
var
Form1: TForm1;
implementation
{$R *.DFM}
procedure TForm1.Button2Click(Sender: TObject);
begin
close;
end;
procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
var alas,tinggi,luas: real;
begin
// cek apakah input sudah diisi ?
IF edit1.text='' THEN
Begin
MessageDlg('Alas masih kosong',mtInformation,[mbOK],0);
edit1.setfocus;
End
ELSE IF edit2.text='' THEN
Begin
MessageDlg('Tinggi masih kosong',mtInformation,[mbOK],0);
edit2.setfocus;
End
ELSE
// jika sudah :
Begin
alas:=STRtoFLOAT(edit1.text);
tinggi:=STRtoFLOAT(edit2.text);
luas:=0.5*alas*tinggi;
edit3.text:=FLOATtoSTR(luas);
Edit3.Text:='Bukan Bilangan';
End;
end;
end.
var alas,tinggi,luas: real;
begin
// cek apakah input sudah diisi ?
IF edit1.text='' THEN
Begin
MessageDlg('Alas masih kosong',mtInformation,[mbOK],0);
edit1.setfocus;
End
ELSE IF edit2.text='' THEN
Begin
MessageDlg('Tinggi masih kosong',mtInformation,[mbOK],0);
edit2.setfocus;
End
ELSE
// jika sudah :
Begin
alas:=STRtoFLOAT(edit1.text);
tinggi:=STRtoFLOAT(edit2.text);
luas:=0.5*alas*tinggi;
edit3.text:=FLOATtoSTR(luas);
// Edit3.Text:='Bukan Bilangan';
End;
End;
Sedangkan untuk kode Button2 adalah sebagai berikut :
procedure TForm1.Button2Click(Sender: TObject);
begin
Close;
end;
Sehingga kode lengkapnya akan terlihat seperti dibawah ini:
unit Usegi3;
interface
uses
Windows, Messages, SysUtils, Classes, Graphics, Controls, Forms, Dialogs,
StdCtrls, ExtCtrls;
type
TForm1 = class(TForm)
Edit1: TEdit;
Edit2: TEdit;
Button1: TButton;
Button2: TButton;
Edit3: TEdit;
Panel1: TPanel;
Label1: TLabel;
Label2: TLabel;
Label3: TLabel;
Label4: TLabel;
procedure Button2Click(Sender: TObject);
procedure Button1Click(Sender: TObject);
private
{ Private declarations }
public
{ Public declarations }
end;
var
Form1: TForm1;
implementation
{$R *.DFM}
procedure TForm1.Button2Click(Sender: TObject);
begin
close;
end;
procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
var alas,tinggi,luas: real;
begin
// cek apakah input sudah diisi ?
IF edit1.text='' THEN
Begin
MessageDlg('Alas masih kosong',mtInformation,[mbOK],0);
edit1.setfocus;
End
ELSE IF edit2.text='' THEN
Begin
MessageDlg('Tinggi masih kosong',mtInformation,[mbOK],0);
edit2.setfocus;
End
ELSE
// jika sudah :
Begin
alas:=STRtoFLOAT(edit1.text);
tinggi:=STRtoFLOAT(edit2.text);
luas:=0.5*alas*tinggi;
edit3.text:=FLOATtoSTR(luas);
Edit3.Text:='Bukan Bilangan';
End;
end;
end.
demikianlah program sederhana untuk menghitung puas segitiga pada delphi, semoga bermanfaat bagi teman - teman yang akan belajar delphi.