Tutorial Visual Basic 6.0 Mengetahui Posisi Record Database



Trik berikut ini dapat anda gunakan untuk mendeteksi posisi record yang aktif dari total record yang ada dan mengajarkan bagaimana menggunakan ADODC dalam melakukan koneksi ke database.

1.      Bukalah program Visual Basic 6.0  dan mulai lah dengan form baru.
2.      Selanjutnya aktifkan kotak dialog  components  dengan cara klik kanan didalam area toolbox.
3.      Didalam kotak dialog componentd, beri tanda cek pada pilihan Microsoft ADO Data Control 6.0(OLEDB). KLIK OK.


                    
4. Masukkan lah sebuah komponen adodc kedalam area form, setelah itu klik kanan didalam komponen adodc1 dan klik  ADODC Properties. Lihat  Gambar 5.8
5.  Perhatikan Gambar 5.9 pada tampilan kotak dialog property pages  pastikan option use connection string  terpilih , kemudian klik tombol build.
6.  Didalam kotak dialog  data link properties  pada tab provider  pilih jenis provider microsoft jet 4.0 OLE DB Provider .  klik next lihat gambar 5.10.


nofwan.blogspot.co.id


nofwan.blogspot.co.id


nofwan.blogspot.co.id
   

7.  Masih pada kotak dialog  data link properties,  masukkan alamat C:\PROGRAM files\microsoft visual studio\VB98\BIBLO.MDB  pada bagian penyeleksian database atau klik tombol ….  Selanjutnya klik ok.

nofwan.blogspot.co.id

8.  Setelah anda melakukan langkah diatas, maka akan tampil kembali kotak dialog property pages. Aktifkan tab recordsource dan pada combo  command type pilih 2-adcmdtable, selanjutnya pada combo table pilih tabel publishers.  Kemudian klik ok.



9.  Selanjutnya tambahkan sebuah komponen textbox ke dalam area form, kemudian isi properties datasource dengan adodc1 dan data field dengan field company name.
10.  Setelah itu klik ganda didalam area form dan ketiklah perintah dibawah untuk mengetahui posisi record.

1
2

3
Private Sub Form_Load()
Adodc1.Caption = "record" & Adodc1.Recordset.AbsolutePosition & " dari " & Adodc1.Recordset.RecordCount
End Sub


11.  Kembali ke tampilan desain form, kemudian klik  ganda pada komponen adodc1. Ubahlah event prosedur adodc1_willmove menjadi adodc1_movecomplete dan ketiklah perintah dibawah ini untuk memanggil perintah yang sama pada prosedur form_load.

1


2
3
Private Sub Adodc1_MoveComplete(ByVal adReason As ADODB.EventReasonEnum, ByVal pError As ADODB.Error, adStatus As ADODB.EventStatusEnum, ByVal pRecordset As ADODB.Recordset)
    Call Form_Load
End Sub


12.  Untuk mencoba hasilnya tekan tombol F5  pada keyboard anda.